Beda Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Pada artikel kali ini kita akan membahas beda biaya (cost) dan beban (expense)Biaya atau sering disebut juga dengan cost sedangkan beban sering disebut juga dengan expense. Biaya (cost) dan Beban (expense) kedua-keduanya seolah-olah sepertinya akan mengurangi keuntungan dan sekilas antara kedua-duanya tidak ada perbedaan. Benarkah keduanya sama-sama mengurangi keuntungan (profit) ataukah biaya (cost) dan beban (expense) hanya istilah bahasa saja?

Biaya disebut dengan cost dan beban disebut dengan expense. Apakah benar Beda Biaya (Cost) dan Beban (Expense) tidak ada antara keduanya?

beda biaya (cost) dan beban (expense)

Beda Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Dalam akuntansi sering sekali kita jumpai kata Biaya (cost) dan Beban (expense). Kalau yang sebelumnya menganggap ini sama, sebenarnya Biaya (cost) dan Beban (expense) itu ternyata berbeda. Berikut Perbedaan antara Biaya (Cost) dan Beban (Expense). Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Pengertian Biaya (Cost)

Biaya atau cost adalah sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan dengan harapan kita akan mendapatkan keuntungan atau manfaat secara ekonomis dimasa mendatang Misalnya untuk pembelian aktiva tetap, pembelian aktiva tersebut adalah biaya pembelian aktiva . Dengan mengeluarkan uang untuk pembelian aktiva tetap maka akan ada akun kas yang kita keluarkan dimana dengan pembelian aktiva tetap ini kita mengharapkan manfaat ekonomis dari aktiva tersebut dimasa mendatang. Contoh adalah pembelian motor sebagai kendaraan, dimana ada manfaat ekonomisnya untuk mempercepat pengiriman barang. Contoh lainnya yaitu Biaya Sewa dibayar dimuka dan lain sebagainya. Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Pada contoh di atas kita melihat bahwa biaya yang dimaksudkan di atas dapat berupa pengeluaran yang akan mempengaruhi nilai aktiva atau dengan kata lain biaya (cost) yang berada dalam akun aktiva.

Menurut PSAK No.16 Revisi 2007, Cost (Biaya perolehan) adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diserahkan untuk memperoleh suatu aset pada saat perolehan atau kontruksi atau, jika dapat diterapkan , jumlah yang diatribusikan ke aset pada saat pertama kali diakui sesuai dengan persyaratan tertentu dalam PSAK lain. Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Pengertian Beban (Expense)

Sedangkan untuk konsep beban atau ekspense adalah sesuatu yang kita korbankan atau keluarkan dalam rangka memperoleh pendapatan misalnya akun-akun yang tertera dalam laporn laba-rugi. Beban listrik, air, beban penyusutan, dan lain sebagainya. Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

e-Solution Financial memiliki built-in Report (Sistem Pelaporan Standar) untuk merancang laporan keuangan seperti Laba Rugi (Income Statement), Neraca (Balance Sheet), Arus Kas (Cash Flow), dan lain sebagainya. Juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh software akuntansi pada umumnya yaitu kemampuannya untuk merancang/ desain report sesuai kebutuhan penggunanya.

Kesimpulannya dalam istilah akuntansi bahwa Biaya perolehan (cost) adalah jumlah kas atau setara kas yang kita keluarkan untuk mendapatkan suatu aset lain . Sedangkan untuk Beban (expense) adalah kas atau setara kas yang kita keluarkan atau bisa juga dalam hal ini (beban penyusutan) dalam rangka memperoleh laporan laba-rugi.

Info e-Solution Financial : Eradata IT Solutions