Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah harta (aktiva) antara lain berupa bangunan, mesin dan peralatan pabrik, perabot kantor, kendaraan, dan lainnya. Umumnya harta yang tergolong aktiva tetap memiliki umur manfaat lebih dari satu tahun.

Aktiva Tetap dan KarakteristiknyaPada setiap periode pembukuan akuntansi, aktiva tetap akan disusutkan sesuai masa manfaatnya dan akan mengalami pengurangan pada perode akuntansi yang bersangkutan. Beban penyusutan aktiva tetap akan di transfer ke akun laba rugi.

Jurnal Penyesuaian Penyusutan aktiva tetap mengapa dibuatkan? karena aktiva tetap yang digunakan umurnya bertambah dan mengalami penyusutan

 

Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Penyusutan aktiva tetap atau depresiasi aktiva tetap perlu dibuatkan jurnal penyesuaian, mengapa? Hal ini karena aktiva tetap yang telah digunakan untuk operasional atau aktiva tetap yang umurnya telah bertambah akan mengalami penyusutan atau nilai ekonomi aktiva tetap menurun sehingga nilai yang sebelumnya telah dicatat dalam neraca saldo itu secara ekonomis tidak relevan karena dalam kenyataannya nilai aktiva tersebut telah berkurang.

Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Nilai penurunan karena adanya penyusutan aktiva tetap dalam akuntansi diakui sebagai beban yaitu beban penyusutan aktiva tetap. Pada umumnya saldo-saldo beban penyusutan dari periode ke periode ditampung dalam akun tersendiri yaitu akun akumulasi penyustan aktiva tetap yang merupakan akun kontra akun aktiva tetap. Dengan demikian semakin tinggi nilai penyusutan aktiva tetap maka semakin tinggi saldo akun akumulasi penyusutan aktiva tetap, hal ini berarti semakin berkurang nilai ekonomis suatu aktiva tetap.

Untuk menghitung seberapa besar beban penyusutan aktiva tetap yang harus dicatat dalam jurnal penyesuaian, dalam akuntansi dikenal beberapa metode, lebih jelasnya tentang metode tersebut dapat dipahami dalam “jenis-jenis metode penyusutan aktiva tetap”. Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Jurnal penyesuaian dibuat setiap akhir periode akuntansi dalam perusahaan, jadi penyesuaian penyusutan aktiva tetap juga dibuat pada akhir periode. Cara membuat jurnal penyesuaian adanya penyusutan aktiva tetap sangatlah mudah yaitu dengan mendebit beban penyusutan aktiva tetap (jenis aktiva tetap yang disusutkan antara lain mesin, gedung, kendaraan dsb selain tanah) dan mengkredit akumulasi penyusutan aktiva tetap.

Aktiva tetap memiliki dua prinsip dalam perhitungan dan pelaporannya, diantaranya sebagai berikut :

Prinsip biaya atau Cost principle. Prinsip tersebut memberikan pengertian bahwa beban penyusutan dilaporkan berdasar pada nilai historis atau nilai yang sesungguhnya dari harga perolehan aktiva tetap yang dilaporkan pada laporan laba rugi dan neraca. Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Prinsip penandingan atau Matching principle. Prinsip tersebut menyatakan bahwa biaya aktiva tetap dialokasikan kepada beban penyusutan sesuai dengan umur manfaat aktiva tetap. Jadi, apabila umur manfaat suatu aktiva tetap empat tahun, maka biaya akan dibagi dan dibebankan selama empat tahun sesuai dengan umur manfaat aktiva tersebut. Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Pada penyusutan aktiva tetap terdapat beberapa metode penyusutan/depresiasi diantaranya adalah metode penyusutan garis lurus dan penyusutan dipercepat. Semua aktiva tetap bisa disusutkan kecuali tanah yang diasumsikan mempunyai umur manfaat tidak terbatas dan bisa bertahan selamanya.

Nilai residu (residual value) adalah nilai sisa aktiva tetap pada akhir umur manfaat aktiva. Asumsinya adalah bahwa setiap aktiva tetap tidak seluruhnya terpakai habis, dengan kata lain jika aktiva tetap berbentuk mobil apabila habis masa manfaatnya, sisanya adalah mobil tua atau rongsokan, dan itu masih mempunyai nilai meskipun masa manfaatnya sudah habis.

Contoh Perhitungan Jurnal Penyesuaian Penyusutan Aktiva Tetap

Agar lebih memahami pencatatan akuntansi aktiva tetap, mari sama-sama kita ambil contoh kasus pada PT. ABC, adapun ilustrasinya adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 1 Januari 2015, PT. ABC membeli peralatan kantor seharga Rp 11.500.000,-. Peralatan tersebut memiliki estimasi umur manfaat selama 5 tahun dan estimasi nilai residu (residual value) sebesar Rp 1.500.000,-. Metode penyusutan aktiva tetap menggunakan metode penyusutan garis lurus.

Untuk perhitungan penyusutan aktiva tetap pada kasus di atas adalah sebagai berikut :

Harga perolehan aktiva tetap dikurangi – Nilai residuEstimasi biaya depresiasi yaitu :

11.500.000 – (1.500.000) = 10.000.000

Umur manfaat aktiva tetap = 5

Biaya depresiasi aktiva tetap per tahun = 10.000.000 / 5 = 2.000.000

Maka Biaya depresiasi aktiva tetap per bulan = 2.000.000 / 12 = 166.667

Adapun pencatatan transaksi jurnal atas aktiva tetap pada contoh di atas adalah :

Pencatatan transaksi per bulan,

Perkiraan                                                                            Debit                      Kredit

Beban Penyusutan Aktiva Tetap                                    166.667
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap                                                            166.667

Atau kita juga bisa mencatat transaksi penyusutan aktiva tetap pada akhir tahun.

Software Akuntansi Keuangan e-Solution Financial dilengkapi beraneka fitur diantaranya fixed asset (aktiva tetap) memberikan kemudahan untuk menyusun aktiva tetap dan membuat jurnal penyesuaian penyusutan aktiva tetap secara otomatis, pilihan yang sangat tepat untuk berbagai perusahaan skala nasional maupun multi-nasional.

Informasi :

Eradata IT Solutions
www.software-indo.com