Seri Akuntansi 2: Jurnal Akuntansi

Seri Akuntansi 2: Jurnal Akuntansi, Dalam perusahaan kita perlu mencatat setiap transaksi transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam sebuah jurnal akuntansi keuangan. Akuntansi keuangan mencatatnya dalam sebuah jurnal agar setiap penerimaan maupun pengeluaran tercatat secara rapi.

Untuk memahami jurnal akuntansi kita harus memahami dasar akuntansinya terlebih dahulu yaitu Siklus akuntansi, sebagaimana telah kita bahas dalam artikel sebelumnya.

Kegiatan men jurnal akuntansi merupakan kegiatan pencatatan yang pertama kali dilakukan dalam siklus akuntansi . Artinya, sebelum men jurnal akuntansi kita harus mengumpulkan data transaksi dan menganalisa data transaksi tersebut yang harus dilakukan terlebih dahulu. Tanpa data yang benar dan pasti, mustahil mampu menghasilkan jurnal akuntansi yang benar serta akurat. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan jurnal akuntansi yang benar, pastikan bukti transaksinya ada, datanya jelas dan benar (bisa dipertanggungjawabkan).

Membuat Jurnal Akuntansi

Untuk itu beberapa tips untuk men jurnal akuntansi yaitu :

  1. Identifikasi Transaksi melibatkan akun mana
  2. Identifikasi Prosedur Debit Kredit terhadap transaksi tersebut
  3. Hitung nominal atas transaksi tersebut

Contoh Jurnal Akuntansi

Zhafira pada pertengahan tahun 2014 tepatnya bulan juni 2014 mendirikan sebuah usaha salon kecantikan yang diberi nama salon zhafira. Berikut ini adalah transaksi keuangan yang terjadi pada bulan juni 2014:

1 juni zhafira menginvestasikan uang kas sebesar 8.000.000 dan kendaraan roda dua sebanyak 3 unit untuk kepentingan usahanya senilai 40.000.000.

3 Juni, Terjadi transaksi Pembelian perlengkapan salon dengan tunai senilai 250.000 rupiah

5 juni, terjadi transaksi Pembelian peralatan salon dengan harga total 4000.000, yang dibeli secara tunai senilai 2.500.000 sedangkan sisanya dilakukan secara kredit dengan pelunasan 2 bulan kemdian.

6 Juni, Salon zhafira membayar iklan dibayar dimuka untuk 1 tahun atau 12 bulan dari bulan juni 2014 sampai bulan mei 2015 dengan total biaya iklan yang dikeluarkan Rp 1.200.000

7 Juni, Salon zhafira menerima pendapatan jasa dari pelanggannya sebesar Rp 800.000

17 Juni, Salon zhafira menerima faktur atas tagihan senilai Rp 2.500.000 untuk saudara Sinta atas biaya jasa pelayanan tata rias dan petnataan rambut yang telah dilakukan salon zhafira.

19 Juni, Salon zhafira mendapat dana pinjaman dari sebuah bank dengan total pinjaman yang diterima 5.000.000 rupiah

23 Juni, Zhafira sebagai pemilik salon mengambil uang tunai untuk keperluannya senilai 400.000

25 juni, Salon zhafira membayar biaya tagihan rekening telepon, air dan tagihan listrik untuk bulan juni dengan total Rp 300.000

28 Juni, salon zhafira membayar gaji 3 orang karyawati-nya untuk satu bulan dengan total gaji yang dibayarkan Rp 1.500.000

30 Juni, Salon zhafira membayar angsuran pinjaman kepada bank senilai 200.000

Maka penyelesaian untuk jurnal akuntansi dipaparkan sebagai berikut :

Penyelesaian penyusunan Jurnal Akuntansi untuk perusahaan jasa

Setelah terjadinya transaksi keuangan maka otomatis munculah bukti transaksi keuangan, selanjutnya bukti transaksi keuangan tersebut dicatat berurutan sesuai tanggal terjadinya transaksi tersebut ke dalam jurnal akuntansi umum. Selengkapnya jurnal akuntansi umum yang dibuat adalah berikut ini:

Jurnal Akuntansi Keuangan contoh soal dan jawab

Demikian tutorial singkat dari seri akuntansi kita kali ini, mudah-mudahan dengan contoh singkat di atas kita dapat memahami cara men jurnal akuntansi dengan mudah.

e-Solution Financial Software Akuntansi Keuangan fitur lengkap, mudah digunakan. Buat laporan keuangan dengan mudah, cepat dan selalu uptodate. Design report bisa fleksible sesuai kebutuhan anda.

Informasi e-Solution Financial
Eradata IT Solution
www.software-indo.com
Informasi : +62 (022) 87787783